Sahabat Setia Hati Nurani Rakyat

Mimpi Anak Indonesia

Mimpi Anak Indonesia

Masalah Sampah, Pemerintah Lupa Kesejahteraan Pemulung

Indonesia memiliki hari khusus bagi persoalan sampah. Diperingati setiap tanggal 21 Februari. Persoalan mengurus sampah memang bukanlah perkara mudah, itulah salah satu sebab, mengapa adanya hari khusus bagi sampah. 

Di ibu kota negara, DKI Jakarta, sampah merupakan salah satu persoalan utama yang menyita perhatian Pemprov DKI. Setiap tahunnya hampir Rp 1 triliun Pemprov menggulirkan anggaran untuk pengololaan sampah. Dalam satu hari saja dana yang dikeluarkan untuk pengangkutan sampah bisa mencapai Rp 2 Milyar. 

Namun, persoalan sampah masih juga belum teratasi. Tumpukan sampah menggunung di sejumlah tempat pembuangan akhir (TPA) terutama Bantar Gebang. Persoalan sampah ini tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan salah satu penyebab banjir. 

Banyak pihak yang menawarkan solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Secara umum beberapa solusi yang terdengar mudah tetapi sulit dijalankan. Pertama, masalah kesadaran warga Jakarta untuk tidak membuang sampah sembarang dan mengurangi aktivitas “nyampah”. Kedua, harus ada sistem pengolahan sampah yang terpadu di TPA sehingga dapat meningkatkan dan memberikan nilai lebih. 

Namun dari pada itu, kita juga lupa memperhatikan nasib para pemulung yang menggantungkan hidup dari tumpukan-tumpukan sampah tersebut. Hary Tanoesoedibdjo, Cawapres Hanura 2014, justru menaruh perhatian berbeda yaitu pada persoalan kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan para pemulung. 

Bantar Gebang, lanjut HT, sesungguhnya dapat dikelola menjadi lapangan kerja baru yang lebih layak. Tetapi pemerintah harus menyediakan fasilitas seperti koperasi bagi para pemulung sehingga nasib para pemulung bisa lebih baik. Hal ini harus diperhatikan karena pemulung juga berperan besar dalam membantu mengurangi masalah sampah. 

Produktifitas pemulung ini bisa ditingkatkan, tentu dengan memfasilitasi pengolahan sampah yang lebih baik, perhatian terhadap kesehatan dan pendidikan keluarganya, disediakan perumahan yang layak,” kata HT saat memperingati hari Sampah Nasional bersama para pemulung di Bantar Gebang, Jumat

Salam Hati Indonesia

Hati Nurani Rakyat

Hati Nurani Rakyat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
AGUS SUTONDO MEDIA CENTER
MAS TEMPLATE